Home » , » Mengetahui Kandungan dan Manfaat Bawang Merah

Mengetahui Kandungan dan Manfaat Bawang Merah

Mengetahui Kandungan dan Manfaat Bawang Merah, Tidak Sedikit orang yang tidak menyukai Bawang Merah dengan alasan takut mulutnya menjadi bau, ada juga yang tidak menyukai karena rasanya. Ketahuilah bahwa, dibalik segala kekurangannya, bawang merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh loo..!

Berdasarkan hasil penelitian, Bawang Merah memiliki beberapa kandungan penting yang jarang ada di sayuran atau bahan makanan lainnya. Kandungan-kandungan tersebut berperan untuk menyehatkan tubuh kita. 

Mengetahui Kandungan dan Manfaat Bawang Merah, Organosulphu, Quercetin, Onionin A, Allicin
Kandungan dan Manfaat Bawang Merah

Organosulphur
Studi menunjukkan bahwa bawang merah mengandung organosulphur yang tinggi, yaitu senyawa sulfur yang secara efektif dapat membantu mengatasi kanker lambung dan kanker prostat. Senyawa ini bisa menciptakan lapisan pelindung ketika tubuh bergerilya melawan kanker di kelenjar perut dan prostat.

Quercetin
Bawang merah memiliki kandungan bernama quercetin yang bersifat antioksidan, anti-jamur, dan juga anti-inflamasi. Dengan adanya kandungan tersebut, bawang merah dipercaya bisa membantu mencegah terjadinya kanker. Selain itu, quercetin juga dinilai ampuh dalam menyembuhkan demam atau flu.

Onionin A
Bumbu dapur yang sering dilibatkan dalam bermacam-macam masakan Indonesia ini diketahui juga mengandung Onionin A. Senyawa ini cukup efektif untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh berbagai penyakit. Adanya Onionin A diyakini mampu mengurangi rasa sakit baik itu permanen maupun sementara. Mengonsumsi bawang merah secara rutin juga akan membantu mengatasi alergi, asma, dan arthritis (radang sendi).

Allicin
Selain quercetin, terdapat juga kandungan allicin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, mengonsumsi bawang merah secara rutin diketahui bisa membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah di titik normal. Selain itu, Allicin yang terkandung di dalamnya juga mampu membantu mengatasi ketombe.

Maka dari itu, ada baiknya bagi kita yang tidak suka bawang merah mulai mempertimbangkan kembali untuk mengkonsumsinya. Untuk tahap awal, anda bisa melibatkannya pada masakan favorit anda, misalnya sate ayam. Umumnya sate ayam juga disertakan irisan bawang merah sebagai pelengkap. Anda juga bisa melibatkannya ke makanan-makanan lainnya.

Sumber : DANIFIN HEALTH
Bagikan ke:
 
Copyright © Dapur Herbal - All Rights Reserved
Proudly Powered by Blogger