Home » » Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sebelumnya saya pernah memposting tentang Manfaat Sayur Daun Bayam Bagi Kesehatan, kali kembali memposting tentang Manfaat Sayuran namun berbeda dengan yang sebelumnya walau sebenarnya hampir mirip karena masih sejenis Sayur.

Salah satu sayuran hijau dengan kandungan nutrisi yang begitu tinggi ialah Brokoli. Brokoli merupakan sejenis sayuran yang bentuknya ke kubis-kubisan. Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang begitu tinggi sehingga dapat berkontribusi bagi kesehatan tubuh. Tak hanya kandungan vitamin C saja melainkan miliki kandungan asam folat, karotenoid atau provitamin A, dan sejumlah vitamin E di dalamnya. Brokoli sebenarnya bisa dimakan baik mentah maupun di masak. Akan tetapi, cara paling baik untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan menjadikannya salad untuk dimakan mentah.

Kalau di daerah saya sudah sejak lama mempercayai Sayur Brokoli sebagai makanan Ueeenaaak dengan memberikan manfaat yang begitu luar biasa bagi kesehatan. Nilai gizi yang terdapat pada sayur brokoli dianggap sebagai makanan pembangkit tenaga dengan kandungan vitamin C, vitamin A, protein, zat besi, kalsium, karbohidrat dan kromium.
Macam Brokoli berdsarkan Warna, Aneka Brokoli
Bagi Sahabat Dapur Herbal yang ingin menegetahui apa saja manfaat dari sayuran hijau ini, langsung saja simak ulasannya di bawah ini:

Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Mencegah Risiko Penyakit Kanker
Manfaat brokoli untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah terjadinya kanker. Brokoli memiliki kandungan glucoraphanin, yang bisa di proses sebagai zat anti kanker, yaitu sulforaphane. Zat ini bermanfaat untuk mengusir bakteri pada tubuh, seperti Helicobacter pylori. Adapun semua bakteri tersebut diketahui bisa meningkatkan terjadinya risiko penyakit kanker lambung. Tak hanya itu saja, brokoli memiliki kandungan indole 3 carbinol, yakni senyawa anti karsinogen dan anti oksidan yang bisa menghambat terjadinya pertumbuhan kanker payudara, kanker prostat, meningkatkan terjadinya fungsi hati dan kanker serviks.

Melembutkan Kulit
Selain bermanfaat untuk kesehatan, brokoli juga sangat bermanfaat bagi kecantikan, yaitu salah satunya melembutkan kulit tubuh. Manfaat brokoli untuk kecantikan sendiri yaitu dapat memperbaiki kerusakan sel pada kulit tubuh dan menghaluskan kulit secara alami. Brokoli sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan untuk luluran dan masker tubuh.

Menyehatkan Jantung
Brokoli mengandung Karotenoid lutein yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya penebalan arteri pada tubuh, dengan begitu kandungan yang terdapat pada brokoli tersebut bisa melawan penyakit stroke dan jantung. Asam folat dan vitamin B6 yang terdapat pada brokoli bisa mengurangi radang dalam pembuluh darah yaitu aterosklerosis.

Menyehatkan Mata
Sayuran hijau brokoli ini juga bermanfaat untuk menyehatkan mata. Brokoli sebagai sumber utama dari vitamin A dibutuhkan untuk dapat membentuk retina. Tak hanya itu saja, senyawa Karotenoid lutein atau pigmen organik pada brokoli dapat mencegah terjadinya regenerasi makular yang berhubungan dengan katarak.

Menyehatkan Bayi
Brokoli merupakan sayuran hijau yang super dan kaya manfaat, yang tak hanya bisa dirasakan tubuh orang dewasa saja melainkan juga untuk bayi. Manfaat brokoli untuk bayi sendiri adalah dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang pada bayi. Kalsium dan vitamin yang terkandung pada brokoli ini memang sangat baik dalam membantu proses pertumbuhan tulang bayi. Tak hanya itu saja, brokoli pun bisa membantu meningkatkan daya imun tubuh bayi agar tak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

Membantu Program Diet
Seperti kita ketahui, brokoli adalah sejenis sayuran dengan kandungan karbohidrat yang rendah dan kaya akan serat sehingga bisa dimanfaatkan untuk program diet. Di mana, manfaat brokoli untuk diet ini adalah dapat memberikan rasa kenyang lebih lama jika mengkonsumsinya sebelum makan. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi pada brokoli membuatnya lebih mudah untuk dicerna.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Brokoli bagi kesehatan tubuh, bagi bayi dan kecantikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!
Bagikan ke:
 
Copyright © Dapur Herbal - All Rights Reserved
Proudly Powered by Blogger